October 2017

Kementerian BUMN Gelar Edukasi Pencegahan Kanker Serviks

Talkshow yang dihadiri ratusan pegawai BUMN yang mayoritas datang dari kalangan wanita ini mengangkat tema “Sayangi Dirimu dan Keluargamu”.

Tema ini sengaja diangkat menurut panitia, karena bahaya kanker serviks bukan lagi masalah kaum wanita, tapi juga mengancam keluarga. Ada peran suami untuk menjaga istrinya jangan sampai terkena kanker serviks. Lebih dari itu, apa yang dilakukan suami juga bisa berimplikasi pada wanita (istri)-nya.

Kunjungan Industri SMK PGRI 1 Kota Cimahi ke KBN

Rombongan pelajar yang berasal dari dua jurusan yakni administrasi perkantoran dan perangkat lunak ini didampingi para guru ini diterima oleh Kepala Bagian Manajemen Risiko, Sekretaris Perusahaan KBN, Ujang Misbah.

Pada kesempatan tersebut, Kabag Manajemen Risiko Ujang Misbah secara singkat menjelaskan sejarah KBN, mulai dari awal pembentukan sampai bisnis kekinian yang dijalankan KBN.

Pesangon Belum Dibayar, Lebih dari 100 Buruh Wooin Pilih Berkemah di Depan Pabrik

Mereka sudah beberapa kali diajak berdialog mengenai pesangon, namun sejauh ini perundingan buntu karena perusahaan tak mau mematuhi ketentuan yang berlaku di Indonesia.

“Perusahaan dengan berbagai dalih hanya mau membayar antara 15-20 juta. Itu pun tergantung masa kerja. Paling tinggi untuk karyawan yang sudah 10 tahun bekerja cuma Rp20 juta,” ujar salah satu karyawati tetap Wooin.

Mitsubishi e-Evolution Melenggang di Tokyo Motor Show

Mitsubishi e-Evolution hadir sebagai salah satu wujud dari konsep baru Mitsubishi Motor yaitu "Drive Your Ambition" guna menatap tantangan perkembangan industri otomotif di masa mendatang.

"Kami akan mempresentasikan pesan itu dengan berbagai cara. Konsep Mitsubishi e-Evolution adalah salah satunya. Kami memposisikan mobil konsep ini sebagai prototipe teknologi," kata Executive Vice President of Development & Quality Mitsubishi Motors Corporation Mitsuhiko Yamashita di Tokyo Motor Show, Rabu.

Industri TPT Perlu Diversifikasi Produk Nonsandang

“Jadi sekarang produk tekstilnya dimanfaatkan untuk material pembangunan infrastruktur jalan tol, agro-textiles, medis hingga industri makanan dan minuman, otomotif, serta manufaktur konsumsi lainnya,” kata Sony melalui keterangannya diterima di Jakarta, Rabu.

Sony menyampaikan, Kemenperin memproyeksikan komoditas industri tekstil non-sandang ini pasarnya masih cukup luas dan permintaannya besar.

Rata-rata meningkat dalam periode lima tahun terakhir sebesar 9,9 persen per tahun, dengan kontribusi Indonesia mencapai 0,47 persen dari kebutuhan dunia.

“Passion Saya di Engineering...”

Wanita kelahiran Yogyakarta, 25 Oktober 1975 ini bergabung dalam tim sejumlah pekerjaan investasi perusahaan yang cukup besar, antara lain pembangunan kantor pusat KBN, pembangunan depo kontainer isi Blok F, dan dermaga Marunda Zona C-04.

Bidang engineering khususnya perencanaan, termasuk di KBN, saat ini masih banyak didominasi kaum lelaki menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Lussi Erniawati. Lewat sentuhan wanita Yogya ini, bidang perencanaan diharapkan bisa lebih maju dan sukses di masa depan.

Tantangan Berat GM Logistik yang Baru

Penunjukan ini cukup mengejutkan. Maklum, teka-teki jabatan eselon I ini akan diisi oleh pejabat selevelnya begitu kencang terdengar. Sulit dipercaya, seorang Rohbinurwati, apalagi perempuan akan mengendalikan unit bisnis yang didominasi pekerja pria itu.

Tapi keputusan direksi sudah turun. Rohbinurwati-lah yang dipercaya sebagai GM KBN Logistics yang baru.

Paimun, Sosok di Balik Kebersihan Lingkungan KBN

Sudah delapan tahun lebih pria kelahiran Magetan, Jatim, 21 Februari 1968 ini sehari-hari berkutat dengan sampah dan kebersihan di lingkungan KBN.
Sebagai pengawas, Pai -- begitu sehari-hari ia disapa -- memang lebih mudah ditemukan di lapangan. Ia harus memonitor kerja dari 79 petugas kebersihan di KBN Cakung, 56 di KBN Marunda, dan 3 orang di unit usaha Tanjungpriok.

Semua petugas kebersihan telah digaji sesuai dengan UMP DKI Jakarta. Sebagai pegawai harian, tiap petugas mendapatkan upah Rp130.000/hari plus berbagai tunjangan.

Fashion Premium Kelas Dunia Made In PT Tainan Enterprises

TANGAN-tangan terampil Indonesia ternyata mampu menghasilkan produk bermutu yang dibanggakan di manca negara. Salah satunya produk fashi-on dari PT Tainan Enterprise yang dikenal dengan kualitas terbaiknya di antara sejumlah pabrik Tainan di manca negara, baik di pusat Tainan di Taiwan, Jiansu China, dan Kamboja.

Human Resources Development (HRD) dan General Affairs (GA) PT Tainan Enterprise, Antonius Joko menyebutkan, selama ini produk-produk keluargan PT Tainan di KBN ini dikenal akan kualitasnya yang pa-ling bagus dibanding negara lain.

Rekayasa Limbah Menjadi Produk Bernilai Tinggi ala PT Dua Kuda Indonesia

Dua Kuda merupakan perusahaan kelas dunia yang ramah lingkungan. Di pabriknya yang besar dan penuh dengan saluran pipa-pipa raksasa menjulang tinggi ini mengolah ampas dari pabrik minyak sawit.

Ampas dari sawit itu kemudian melewati berbagai proses menjadi bahan-bahan kimia turunan, dari minyak sawit, seperti; Glycerine, Strearic Acid, Hydrogenated Palm Stearin, Palm Wax, dan lain sebagainya.

Laba KSO KBN-DMM Tahun 2016 Naik 32%

Demikian antara lain laporan keuangan yang disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Marunda Industrial Park di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, (28/2).

RUPS menghadirkan dewan penga-rah dan pengurus KSO Marunda Industrial Park. Selain RUPS, pada kesempatan tersebut juga diadakan RUPS untuk rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2017.

Dalam laporan keuangannya, Marunda Industrial Park pada tahun 2016 mencatat penjualan bersih mencapai Rp9,6 miliar lebih. Hal ini terjadi peningkatan pendapatan 38% dari tahun sebelumnya.

PT GNS Merambah Bisnis PLB & Depo Kontainer Isi

PERTUMBUHAN usaha yang terus naik dari tahun ke tahun membuat PT Gema Nawagraha Sejati (GNS) berencana ekspansi ke bisnis depo kontainer isi dan pusat logistik berikat (PLB). GNS siap bekerja sama dengan PT KBN Persero mengembangkan kedua usaha tersebut.

Demikian antara lain diungkapkan Managing Director PT GNS, Muslan ketika bicara di hadapan ratusan karyawan, pemegang saham, dan undangan di acara puncak HUT Ke-24 GNS di KBN Cakung, Minggu (4/12).

Pemerintah Disarankan Tak Terburu-buru Bentuk "Holding" BUMN

Ekonom Rofikoh Rokhim menyarankan agar Kementerian BUMN yang dipimpin Rini Soemarno tersebut terlebih dulu memperbaiki kinerja perusahaan-perusahaan pelat merah.

“Ada 118 BUMN di Indonesia dengan sekitar 600 anak usaha. Itu semua punya masalahnya sendiri-sendiri, tidak bisa selesai hanya dengan membentuk holding per sektor," kata Rofikoh, dalam seminar "Penyelamatan Pengelolaan BUMN Indonesia, di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).

Baduy nan Unik & Eksotik

Sementara di Baduy Luar yang sudah bisa menerima pengaruh luar lengkap dengan simbol-simbol modernisme, saya coba mengabadikan begitu beragam obyek menarik. Mulai dari kehidupan, alam, dan lingkungan serta adat-istiadat mereka.

Terus terang Baduy Dalam memang unik sekaligus eksotik. Di tengah perkembangan teknologi yang sudah demikian maju, Baduy Dalam tetap bertahan dengan budaya dan adat-istiadat asli warisan nenek-moyangnya. Mereka tetap menolak modernisme memasuki kawasan mereka.

Mitsubishi Xpander yang Fenomenal

PASAR Multi Purpose Vehicle (MPV) yang belakangan ini dikuasai tiga pemain utama yakni Avanza-Xenia, Mobilio dan Ertiga dicoba digoyahkan dua pemain baru. Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S siap merebut dominasi pasar small MPV tersebut.

Di tengah pasar otomotif dunia yang masih lesu, bahkan di sejumlah negara Eropa terancam krisis, kedua merk asal Jepang dan China yang sama-sama punya pabrikan di Cikarang itu bersaing masuk pasar Indonesia dengan keyakinan mampu menguasai pasar.