April 2018

Dampak Revolusi Industri 4.0, Kawasan Industri pun Harus Didesain Ulang

Untuk menyambut revolusi baru itu, Presiden Joko Widodo pun sampai menekankan perlunya Indonesia menyiapkan diri untuk menghadapi era industri 4.0 tersebut.

Presiden menginginkan segenap jajaran pemerintahan dan masyarakat memanfaatkan industri 4.0 untuk meraih peluang menuju kemajuan.

Kementerian Perindustrian yang mengemban amanah untuk menyukseskan datangnya era industri 4.0 termasuk yang paling serius menyiapkan roadmap industry 4.0 secara terintegrasi.

INSA Dukung Penundaan Kewajiban Penggunaan Pelayaran Nasional

Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, menilai kebijakan Kemendag merupakan solusi menguntungkan dalam rangka menjaga stabilitas ekspor Indonesia.

"Sambil begitu, memberikan waktu bagi seluruh pemangku kepentingan kembali mematangkan kembali?peta jalan ketentuan kewajiban penggunaan ekspor impor menggunakan angkutan laut yang penguasaannya di bawah pelayaran nasional," katanya.

Makin Efisien, KBN Logistik Optimis Pendapatan 2018 Meningkat

General Manager SBU Pelayanan Logistik, Rohbinurwati mengatakan, langkah ini harus segera dijalankan agar meningkatnya permintaan akan pelayanan jasa logistik KBN akhir-akhir ini bisa dipenuhi jajaran KBN Logistics.

Sambil terus berbenah, SBU Logistik yang core bisnisnya di bidang jasa, baik jasa pergudangan (warehouse) maupun angkutan (forwarding) berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan kepada customer. Untuk pelayanan trucking, misalnya, KBN yang kini mengoperasikan 30 unit truck akan terus menambah armada sewa sesuai kebutuhan.

Direktur Pengembangan Kunjungan Kerja ke SBU Prima Beton

Pada kesempatan tersebut, Dirbang ingin melihat sarana dan prasarana Prima Beton dan kendala yang dihadapi. Selain itu, direktur pengembangan memberikan sejumlah arahan terkait strategi dan inovasi bisnis yang bisa dijalankan di Prima Beton.

Diterima jajaran Prima Beton dipimpin Krisna Ryjanaka, Dirbang KBN langsung melakukan peninjauan ke ruang laboratorium konstruksi di sisi depan pusat produksi beton. Setelah melihat-lihat peralatan yang ada di lab, Dirbang mendapat penjelasan dari manajer dan supervisor Prima Beton.

Presiden Optimis Revolusi Industri 4.0 Membuka Banyak Lapangan Kerja Baru

"Hari ini kita luncurkan program ini, menanggapi revolusi industri 4.0 yang sedang men-transform dunia. Ada riset yang mengatakan revolusi industri [4.0] dampaknya akan 3.000 kali lipat dari revolusi industri pertama di abad 19. Kita harus mengerti dan antisipasi ini," kata Jokowi.

"Riset lanjutan McKinsey di 2017 itu memprediksi akan menghilangkan 800 juta lapangan kerja di seluruh dunia antara sekarang sampai 2030. Diambil alih robot dan mesin. Tapi yang ini saya engga percaya. Rada ga percaya," lanjut Jokowi.