December 2018

Ingin Masuk ke Seluruh Penjuru Nusantara, KBN Siap Gandeng Daerah Bangun Kawasan Industri

KBN akan terus berekspansi ke seluruh nusantara. Terlebih, Cakung, Priok, dan Marunda tidak memadai lagi untuk pengembangan bisnis kawasan industri.

“Kami, KBN akan terus mencari mitra daerah-daerah yang punya keinginan sama membangun daerahnya dengan kawasan industri,” kata Direktur Pengembangan KBN, Rahayu Ahmad Junaedi ketika menerima kunjungan rombongan Komisi D DPRD Kabupaten Kebumen, Kamis (13/12).

KBN Gandeng PTP Bangun Terminal Multipurpose di Marunda C-04

Kerjasama KBN dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC itu untuk mewujudkan pembangunan sekaligus pengoperasian terminal multipurpose yang sudah lama tertunda. Saat ini proyek awal pembangunan dermaga tersebut sedang berlangsung.

Sebenarnya MoU antara KBN dan Pelindo II sudah diteken 2015 lalu, namun karena berbagai kendala, realisasi dari kerjasama tersebut belum sempat direalisasikan. Kini dengan PTP diharapkan segera ditindaklanjuti.

Mulai 1 Januari 2019, Pengajuan Dokumen Ekspor-Impor Seluruhnya Lewat Internet

"Jadi tidak lagi paralel seperti sekarang ada PDE internet dan PDE elektronik data interchange (EDI)," ujar Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi di Jakarta, Senin (17/12/2018).

PDE internet bukan hal baru sebab sudah dijalankan sejak 2016 silam bersamaan dengan PDE EDI. Sehingga sebelum 1 Januari 2019, ada dua opsi memasukan data ekspor-impor ke Bea Cukai. Namun mulai 1 Januari 2019, Bea Cukai hanya menerima submit data ekspor-impor melalui PDE internet.

Dengan kebijakan itu maka importir dan eksportir bisa submit data di mana pun dan kapan pun selama ada akses internet.

Asosiasi Daur Ulang China Ingin Pindahkan Pabrik ke Indonesia

Demikian dikatakan Jiwei Wang, ketua delegasi CMRA saat mengunjungi PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Persero, baru-baru ini.

Diantar Toto Sunarto dari Kementerian Perdagangan, rombongan para pengusaha berjumlah sekitar 20 orang tersebut melakukan paparan dan berkeliling pabrik di KBN Cakung. Selama di Indonesia, selain KBN, rombongan mengunjungi Karawang Industrial.

Jiwei Wang mengaku tengah menjajaki lokasi untuk memindahkan industri daur ulang ke luar Tiongkok. Sebelum berkunjung ke KBN, delegasi CMRA sudah mengunjungi Kamboja, Vietnam dan Filipina.

Peduli Sesama, KBN Gelar Donor Darah

Untuk mendukung kegiatan triwulanan ini, Divisi Manajemen Operasional (MO) PT KBN bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara.

Selama tiga jam berlangsung aksi ini, sebanyak 40 pendonor berhasil digalang. Mereka bukan saja datang dari karyawan KBN, tapi juga tenant atau investor yang ada di lingkungan PT KBN. Bahkan, sejumlah tamu yang tengah berurusan dengan KBN secara suka rela ikut menjadi pendonor.

Upacara Peringatan Hari Bela Negara 2018 di KBN

Dalam kesempatan itu, Sattar Taba menyampaikan sambutan Presiden Jokowi terkait peringatan Hari Bela Negara 2018. Dalam sambutan tersebut, Kepala Negara menyampaikan pesan bahwa anak muda harus diberi ruang untuk mengekspresikan diri dan berinovasi dalam bela negara.

Presiden Jokowi juga mengajak semua elemen menunjukan bela negara dalam berbagai bidang. Presiden menegaskan, Bela Negara tidak dapat hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan secara bersama-sama oleh segenap elemen bangsa.

Bea Cukai & KBN Gelar Sarasehan tentang Masa Depan Bisnis PLB

Sarasehan bertema "Sinergi & Harmonisasi PLB di Lingkungan Kanwil DJBC Jakarta untuk Membangun Negeri" ini juga merupakan ajang evaluasi sekaligus komunikasi antara para pelaku PLB di Jakarta untuk menyongsong datangnya tahun baru 2019.

Momen ini sekaligus dimanfaatkan DJBC Kanwil DKI Jakarta sebagai perkenalan Kepala Kantor Wilayah DJBC Jakarta yang baru, Decy Arifyansyah.

Huawei Mate 20 & Mate 20 Pro segera Masuk Indonesia

“Ini merupakan produk dengan inovasi terbaik di kelasnya, selalu menjadi benchmark untuk produk-produk lain,” ujar Deputy Country Director Huawei Indonesia Consumer Business Group, Lo Khing Seng dalam peluncuran Huawei Mate 20 Series di Jakarta, Rabu.

Huawei Mate 20 hadir dengan warna Twilight — campuran warna hitam, ungu dan biru, yang terinspirasi dari warna langit di malam hari — dengan layar dewdrop atau notch yang berbentuk mutiara 6,53 inci beresolusi FHD+.

Honda SUV Passport Mulai Diproduksi di AS

Lebih dari 1.500 karyawan di Honda Manufacturing of Alabama, LLC (HMA) merayakan dimulainya produksi massal SUV Honda Passport 2019 yang baru, kata Honda dalam pernyataannya, dikutip Jumat pagi.

Honda akan mulai menjual SUV model barunya itu pada awal tahun 2019. Passport yang diproduksi eksklusif di HMA itu disebut akan memainkan peran penting dalam jajaran SUV Honda.

Berbeda dengan SUV Honda lainnya, Passport 2019 mendapatkan peningkatan dalam kemampuan pengemudian di jalan raya maupun petualangan off-road berkat beberapa fiturnya.

Asdeki Minta Pebisnis Depo Kompak Hadapi Tantangan Berat ke Depan

"Kami minta supaya para pengusaha depo peti kemas lokal kompak. Ada standarisasi layanan maupun tarif, maksudnya tidak dumping, dan mesti sama-sama melawan masuknya asing,” kata Ketua Umum Asosiasi Depo Petikemas Indonesia (Asdeki), H. Muslan kepada wartawan di kantornya, baru-baru ini.

Selain itu, tantangan era 4.0, bisnis di sektor ini juga bakal dihadapkan dengan peraturan Menhub no. 53/2018 tentang Kelaikan Peti Kemas dan Berat Kotor Peti Kemas Terverifikasi yang konon akan mulai diimplementasikan di tahun 2019.

Tahun Depan, Tesla Mulai Produksi Mobil Listrik di China

Walikota Shanghai, Ying Yong, mengunjungi lokasi proyek di daerah Lingang dan mendorong Tesla untuk mempercepat pembangunan, menurut pernyataan di akun WeChat resmi Shanghai, Kamis.

Pabrik yang dijuluki Gigafactory 3 itu akan menjadi proyek manufaktur investasi asing terbesar yang pernah ada di Shanghai. Perwakilan Tesla belum berkomentar langsung mengenai hal ini.

Palo Alto, perusahaan yang berbasis di California telah mengamankan lebih dari 200 hektar lahan untuk pabrik di China, yang diperkirakan akan menelan biaya miliaran dolar AS untuk pembangunan.

Kecerdasan Buatan akan Mengubah Masa Depan Kehidupan Manusia

Artificial Intelligence atau 'Kecerdasan Buatan' telah mengubah sebagian cara hidup kita. Kecerdasan Buatan memengaruhi cara kita bepergian, apa yang kita telusuri di internet, bahkan apa yang kita makan.

Namun teknologi yang berkembang sangat pesat ini menimbulkan sejumlah pertanyaan mendasar, kata kepala bagian hukum Microsoft, Brad Smith.

KBN Gandeng BPN Jakarta Utara Amankan Aset Negara

Penandatanganan kerjasama pengamanan aset tersebut dituangkan di atas Memorandum of Undestanding (MoU0 yang diteken Direktur Utama KBN, HM Sattar Taba dan Kepala Kantor BPN Jakarta Utara, Asnaedi, di kantor BPN Jakarta Utara, Rabu (5/12).

Kerjasama KBN dengan BPN Jakarta Utara ini merupakan tindak lanjut MoU yang telah ditandatangani sebelumnya antara Menteri BUMN dan Menteri ATR/Kepala BPN. Tampak hadir dalam penandatanganan MoU tersebut sejumlah direksi dan pejabat KBN maupun BPN Jakut.

GNS Perlu Sinergi Hadapi Globalisasi Logistik

Demikian disampaikan Direktur PT GNS, H. Muslan, saat memberikan sambutan pada peringatan ke-26 tahun PT GNS, di aula KBN Jakarta Utara, Senin (3/12) sore.

“Namun demikian, masih ada tugas dari GNS ke depan yang mesti dipikirkan yakni pergudangan dan PLB (pusat logistik berikat). Ini harus dikembangkan dan kita butuh partner internasional, dan kita perlu bersinergi dalam menghadapi globalisasi logistik,” kata Muslan.

Membludak, Peminat Bursa Lowongan Kerja di IBD Expo 2018 Surabaya

Tiap hari stand bursa kerja selalu dibanjiri pengunjung. Ini terjadi di lantai I dan III tempat pelayanan bursa loker dibuka.

Bursa lowongan kerja yang diadakan panitia menyedot animo para pencari kerja, bukan saja dari Surabaya, tapi juga daerah lain, termasuk dari Madura dan sejumlah kota di Jawa Tengah. Mereka ingin memanfaatkan momen bursa loker ini unguk mengabdikan diri pada perusahaan-perusahaan plat merah.

Delegasi Bisnis China Tertarik Berinvestasi di KBN

Hal itu Walikota Dongying, Liu Meihua yang memimpin delegasi tersebut saat diterima Direktur Keuangan PT KBN Persero, Rahayu Ahmad Junaedi dan jajaran, Senin (15/10).

Delegasi yang dibawa Walikota Dongying terdiri dari para pengusaha asal China yang ingin menjajaki peluang investasi di KBN. Di antaranya Cui Xueying dari Shandong Wonderful Industrial Group, Zhang Anjun dari Wanda Zhenbao, dan Liu Hongguang Kerui Group.

Pelatihan Pangkas Rambut & Pembagian Susu Balita untuk Kec. Tarumajaya

Pada kesempatan yang sama juga diserahkan bantuan susu bayi untuk 8 Posyandu di 8 desa se-Kecamatan Tarumajaya. Penyerahan bantuan peningkatan kesehatan bagi balita yang berlangsung di aula Desa Pahlawan Setia ini dilakukan secara simbolis oleh Direktur Keuangan PT KBN Persero, Daly Mulyana dan diterima oleh masing-masing kepala desa di wilayah Tarumajaya, yakni Desa Pahlawan Setia, Setia Mulia, Pusaka Rakyat, Pantai Makmur, Segara Makmur, Setia Asih, Sagara Jaya, dan Samudera Jaya.

KBN Siap Gandeng Daerah Bangun Kawasan Industri Baru

Demikian dikatakan Direktur Pengembangan PT KBN Persero, Rahayu Ahmad Junaedi usai me-nyerahkan hadiah sponsorship dalam rangka acara malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 yang digelar di Puri Agung Sahid Jaya Hotel Jakarta, Kamis (23/11).

API III 2018 yang diadakan Kementerian Pariwisata bekerjasama sejumlah instansi dan Pemda itu dihadiri sejumlah gubernur dan bupati/walikota se-Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, tim KBN memperkenalkan sejarah dan bisnis KBN sekarang dan ke depan.

Deretan Gelar & Totalitas Kerja Dasep Titof

Jarang ada pejabat di lingkungan BUMN memiliki sederet titel yang luar biasa panjang ini. Tapi, Dasep mengaku semua ‘mengalir’ begitu saja.

Ternyata semua ini berawal dari amanah keluarganya yang menginginkan agar semua anak-anaknya menimba ilmu sebanyak dan setinggi mungkin. Karena dengan imu, pasti akan ada manfaatnya bagi kehidupan.

“Orang tua, bahkan dari kakek-nenek saya dulu memang sangat menekankan untuk mencari ilmu setinggi-tingginya. Saya bersama semua saudara hanya mencoba menjalani amanah itu,” kata Dasep Titof ketika ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Batik Trusmi yang Kian Mendunia

10 Tahun yang lalu, tidak banyak wisatawan mengetahui Batik Trusmi di Cirebon. Kecuali penggemar berat batik, atau mereka yang berdomisili di Bandung atau sering pergi ke Cirebon. Namun kalau pergi ke sana hari ini, Anda akan melihat pusat grosir batik dengan parkiran luas dan jejeran butik-butik batik dari yang sederhana sampai mewah.

Kontroversi Bahaya Rokok Elektrik

Anggapan cara merokok kekinian atau vaping lebih aman dari rokok konvensional, bahkan dapat membantu dari kebiasaan merokok masih dipertanyakan banyak kalangan.

Pusat Makanan dan Obat-obatan AS untuk Produk Tembakau menetapkan aturan untuk mengatur e-rokok. Sementara banyak yang masih belum diketahui tentang vaping, studi saat ini menunjukkan kemungkinan alternatif yang lebih sehat untuk rokok tradisi-onal. Mengingat daftar panjang bahan kimia berbahaya dan beracun dalam rokok, peneliti umumnya menganggap vaping sebagai alternatif yang kurang berbahaya.

Direktur Pengembangan: Digitalisasi Layanan di KBN Suatu Keharusan

Meski sampai akhir 2018 ini masih berjalan secara manual, namun mulai tahun 2019 mendatang secara bertahap layanan baru digital menjadi suatu keharusan.

Di masa datang semua bisnis KBN mulai dari manajemen, properti, kepelabuhanan, pergudangan, depo, forwarding, PLB, sampai penjualan beton dan air juga dikendalikan secara digital. Perkembangan semua bisnis ini bisa dipantau secara real time dari mana saja, kapan saja. Ini tentunya akan memudahkan manajemen dalam pengendalian dan pengawasan.