• -IST-

Baojun RS-3, Adik Wuling Almaz dengan Tampilan yang Lebih Keren

Baojun RS-3, Adik Wuling Almaz dengan Tampilan yang Lebih Keren

Fri, 10/18/2019 - 17:32
Posted in:
0 comments

SETELAH sukses di Indonesia, India dan Amerika Serikat (AS), pabrikan China, Baojun kembali menyiapkan mobil sport utility vehicle (SUV) baru bernama Baojun RS-3. Tampilan SUV yang rencananya akan diluncurkan pada 2020 ini mirip dengan kakaknya, Wuling Almaz, tapi lebih sporty.

Seperti dilansir dari Carscoops, Jumat (27/9/2019), wajah depan Baojun RS-3 tampak lebih gahar dengan gril berwarna hitam, serta lampu LED DRL yang lebih sipit dari sang kakak.

Kesan mewah dan sporty juga terlihat di sisi samping dengan velg dual-tone. Skema dual-tone ini juga disematkan pada bodi Baojun RS-3, putih dan hijau tosca.

Sayang, Baojun tidak memberikan informasi mengenai ruang kabin dari RS-3. Melihat eksteriornya yang modern dan sporty, diprediksi interiornya juga punya fitur-fitur berteknologi canggih, seperti voice-command yang juga ada pada Wuling Almaz 7-Seaters.

Urusan jantung pacu, Baojun RS-3 ditawarkan dalam dua varian mesin, yakni 1.500 cc naturally-aspirated dengan hembusan tenaga sebesar 103 hp serta mesin berkapasitas 1.200 cc turbocharger bertenaga maksimal 128 hp.

Kedua dapur pacu tersebut juga hadir dalam dua pilihan transmisi, manual 6-percepatan dan otomatis CVT. Harga dan spesifikasi lengkap mobil ini akan diungkap saat peluncuran pada Oktober 2019. SUV tersebut akan dijual satu tahun berikutnya.

Desain Modern

Geser ke samping, terpasang velg dual-tone yang menambah kesan modern dan mewah. Selain itu, garis-garis bodinya tampak tegas dan diperkuat body-cladding berwarna hitam.

Kesan modern pun tak terlepas dari skema dual-tone pada bodi. Pilar-pilar serta atapnya dilabur warna yang berbeda dengan pintu dan kap depan. Selain itu, terpasang pula roof-rail yang mempertegas aura SUV.

Bagian belakangnya pun tak kalah modern. Baojun RS-3 memiliki roof-spoiler yang tampak sporty dan menyatu dengan bodinya. Kesan itu juga berhasil dimunculkan oleh aksen hitam berisi taillight serta lampu belakang vertikal di bawahnya.

Pilihan Mesin

Hanya saja, belum ada informasi terkait fitur-fitur Baojun RS-3. Yang jelas, mobil ini memiliki panoramic sunroof layaknya Wuling Almaz. Diprediksi kabinnya juga memiliki head-unit dengan teknologi voice-command.

Mengutip dari Carscoops.com, Baojun RS-3 akan ditawarkan dalam 2 varian mesin, yakni 1.500 cc NA (naturally-aspirated) dengan daya 103 hp dan 1.200 cc turbocharger bertenaga 128 hp.

Kedua dapur pacu ini tersedia dalam pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT. Harga dan spesifikasi lengkapnya akan diungkap saat peluncurannya pada Oktober 2019 mendatang.

Baojun RS-3 akan memiliki dimensi serupa dengan VW T-Roc, yaitu dengan panjang 4.300 mm (169,3 in), lebar 1.750 mm (68,9 in) dan tinggi 1.625 mm (64 in), dengan jarak sumbu roda 2.550 mm (100.4 in).

Menurut perusahaan, RS-3 mewarisi "DNA muda baru, teknologi, cerdas dan terhubung." Seperti halnya RS-5 SUV, minivan RM-5 dan crossover RC-6, RS-3 mengemas fitur-fitur teknologi canggih, seperti perintah suara di dalam kendaraan.

SUV kompak ini juga mengadopsi bahasa desain "antarbintang" baru Baojun. Pembuat mobil menggunakan kata-kata seperti "maskulin" dan "atletik" untuk menggambarkan gaya RS-3, dan kenyataannya memang terlihat gagah.

Sorotan meliputi fender depan yang kokoh dan ujung depan yang agresif dengan lampu utama terbelah, kisi-kisi dan logo perusahaan baru Baojun, bodi samping hitam yang kokoh, dan atap mengambang. Lampu belakang yang terbagi mengikuti desain lampu utama dan agak mirip dengan minivan RM-5 yang baru.

Menurut CarNewsChina, RS-3 akan tersedia dengan dua mesin bensin: mesin 1.5 liter dengan tenaga 105 PS (103 HP) dan turbo 1.2 liter bertenaga 130 PS (128 HP), keduanya akan digabungkan ke transmisi manual enam kecepatan standar atau gearbox otomatis CVT opsional. Harga diperkirakan akan diumumkan menjelang peluncuran Oktober.

//OTOASIA/TEMPO/KOMPAS/01