Otomotif

Elon Musk Luncurkan Mobil Listrik Pertamanya di China

Pabrik Tesla Inc senilai 2 miliar dolar AS mulai mengirimkan mobil hanya dalam 357 hari, sebuah rekor untuk pembuat mobil global di China. Sebanyak 10 pelanggan pertama dari masyarakat menerima sedan Model 3 buatan China pada Selasa (7/1).

CEO biliuner tersebut menari dengan antusias di atas panggung di acara tersebut. Ia melepaskan jaketnya dan melemparkannya ke samping untuk memperlihatkan kaus oblongnya. Dalam sebuah cicitan, ia memberi label video "NSFW" - Not Safe For Work.

Pabrik GM di Korsel akan Dibeli Tesla untuk Pengembangan Mobil Listrik

Kesepakatan itu terjadi setelah GM menutup satu dari empat pabriknya di Korea Selatan sebagai bagian dari restrukturisasi global.

GM tidak mengungkapkan harga penjualan pabrik Gunsan, tetapi pihak dari pembuat suku cadang Myongshin mengatakan akan membeli tanah dan bangunan fasilitas GM sebesar 113 miliar won pada 28 Juni mendatang.

Menurut pernyataan pemerintah provinsi, Myongshin yang memasok sukucadang untuk Hyundai Motor merupakan bagian konsorsium yang memiliki dana 200 miliar won untuk pabrik yang mampu menghasilkan 50.000 EV mulai 2021 dan 150.000 EV pada 2025.

Mitsubishi Triton Absolute Meluncur di Bangkok

Triton Absolute menawarkan rangka pickup kokoh yang digabungkan desain maskulin dan tangguh, guna menunjukkan ketahanan model kendaraan niaga itu untuk melibas di segala medan.

"Triton Absolute mengekspresikan konsep absolutely beyond tough melalui build-up robustness berdasarkan truck dynamism yang diilustrasikan oleh desain more solid and more rugged dan mechanical durability," kata Mitsubishi dalam keterangan pers, Selasa.

Tahun Depan, Tesla Mulai Produksi Mobil Listrik di China

Walikota Shanghai, Ying Yong, mengunjungi lokasi proyek di daerah Lingang dan mendorong Tesla untuk mempercepat pembangunan, menurut pernyataan di akun WeChat resmi Shanghai, Kamis.

Pabrik yang dijuluki Gigafactory 3 itu akan menjadi proyek manufaktur investasi asing terbesar yang pernah ada di Shanghai. Perwakilan Tesla belum berkomentar langsung mengenai hal ini.

Palo Alto, perusahaan yang berbasis di California telah mengamankan lebih dari 200 hektar lahan untuk pabrik di China, yang diperkirakan akan menelan biaya miliaran dolar AS untuk pembangunan.

Luar Biasa! Audi PB18 e-tron Bisa Melesat 100 km dalam Dua Detik

Audi PB 18 e-tron memulai debutnya dengan cukup memukau karena mobil mewah berdesain balap ini menonjolkan kekuatan mesin yang kuat, yaitu dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer/jam hanya dalam dua detik.

Uniknya lagi, mobil listrik ini melesat tanpa mengeluarkan deru suara mesin layaknya mobil-mobil sport di lintasan balap.

Model ini dipertontonkan ke hadapan publik jelang debut SUV Audi e-tron pada September, yang dipandang sebagai pesaing serius bagi Tesla di kelas mobil listrik mewah.

Diam-diam Mobil China Mulai Menggerogoti Pabrikan Jepang & Korsel

MESKI di awal tahun angka penjualan mobil di tanah air belum begitu cerah, toh setelah April lalu perkembangannya lumayan menggembirakan. Dilihat dari angka penjualan ada tanda-tanda geliat yang cukup berarti.

Kabar baik ini membuat produsen mobil optimis untuk terus mengarahkan pasarnya di Indonesia. Negeri dengan 200-an juta penduduk ini tetap menjadi target pasar potensial produsen otomotif dunia.

Melihat dari Dekat Jimny Baru yang Diimpor dari Jepang

Kali ini Jimny didatangkan secara utuh dari Jepang. Menggunakan mesin berkapasitas 1.328 cc VVT dengan kode M13A RWD/AWD, kali ini SIS membandrol mobil ini dengan harga Rp275 jutaan.

Jimny terbaru mengusung mesin berbahan bakar bensin 4-silinder DOHC 16-valve dengan teknologi Variable Valve Timing (VVT) ini, sudah familiar di tanah air sejak era Suzuki Aerio hingga SX4 S-Cross terbaru yang tetap mengandalkan mesin M15A.

10 Mobil Terlaris April 2018, Xpander Teratas

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi Mitsubishi Xpander sebanyak 7.097 unit pada bulan ini, menurun ketimbang dua bulan sebelumnya sebanyak 7.400 dan 7.493 unit.

Kehadiran Xpander menggeser Avanza ke peringkat dua dengan distribusi 6.917 unit pada April atau turun tipis dari penjualan wholesales Maret 7.097 unit.

Pada segmen LCGC, Toyota Calya mencapai titik penjualan terbaiknya pada bulan ini dengan 6.292 unit yang naik dari rata-rata lima ribuan kendaraan pada tiga bulan sebelumnya.

Saingi Tesla, Audi Bidik Penjualan 800 Ribu Mobil Listrik pada 2025

Audi akan meluncurkan lebih dari 20 kendaraan listrik pada 2025 berkat penggunaan platform modular dan basis kendaraan MEB dari perusahaan induk, Volkswagen, yang juga dikembangkan bersama-sama dengan Porsche, menurut Reuters, Rabu.

Langkah itu bisa dikatakan cukup ambisius ketimbang rencana peluncuran 20 kendaraan listrik yang sebelumnya akan ditangani Audi sendirian.

Mitsubishi Xpander yang Fenomenal

PASAR Multi Purpose Vehicle (MPV) yang belakangan ini dikuasai tiga pemain utama yakni Avanza-Xenia, Mobilio dan Ertiga dicoba digoyahkan dua pemain baru. Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S siap merebut dominasi pasar small MPV tersebut.

Di tengah pasar otomotif dunia yang masih lesu, bahkan di sejumlah negara Eropa terancam krisis, kedua merk asal Jepang dan China yang sama-sama punya pabrikan di Cikarang itu bersaing masuk pasar Indonesia dengan keyakinan mampu menguasai pasar.