Port & Shipping

KBN Gandeng PTP Bangun Terminal Multipurpose di Marunda C-04

Kerjasama KBN dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC itu untuk mewujudkan pembangunan sekaligus pengoperasian terminal multipurpose yang sudah lama tertunda. Saat ini proyek awal pembangunan dermaga tersebut sedang berlangsung.

Sebenarnya MoU antara KBN dan Pelindo II sudah diteken 2015 lalu, namun karena berbagai kendala, realisasi dari kerjasama tersebut belum sempat direalisasikan. Kini dengan PTP diharapkan segera ditindaklanjuti.

Mulai 1 Januari 2019, Pengajuan Dokumen Ekspor-Impor Seluruhnya Lewat Internet

"Jadi tidak lagi paralel seperti sekarang ada PDE internet dan PDE elektronik data interchange (EDI)," ujar Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi di Jakarta, Senin (17/12/2018).

PDE internet bukan hal baru sebab sudah dijalankan sejak 2016 silam bersamaan dengan PDE EDI. Sehingga sebelum 1 Januari 2019, ada dua opsi memasukan data ekspor-impor ke Bea Cukai. Namun mulai 1 Januari 2019, Bea Cukai hanya menerima submit data ekspor-impor melalui PDE internet.

Dengan kebijakan itu maka importir dan eksportir bisa submit data di mana pun dan kapan pun selama ada akses internet.

Pelabuhan Patimban Diprediksi Tingkatkan Ekspor Otomotif

"Kami memberikan apresiasi terhadap kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam pembanguan Pelabuhan Patimban ini. Industri akan berkembang kalau segera diselesaikan. Apalagi akan dibangun pelabuhan khusus industri otomotif," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Kementerian Perindustrian mendorong percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Ambisi KBN Tembus Income Rp1 Triliun

KESERIUSAN Kementerian Negara BUMN untuk menggabungkan (holding) BUMN antara PT KBN Persero dengan PT Pelindo II (Persero) setidaknya ditunjukkan dengan berbagai aksi belakangan ini. Salah satunya dengan kunjung-an lapangan yang dilakukan tim dari Kementerian BUMN ke Marunda.

Asisten Deputi Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (Asdep) III Kementerian BUMN, Heri Purnomo bersama konsultan dan staf diturunkan langsung untuk meninjau lahan di Marunda, Jakarta Utara yang akan dikembangkan oleh PT KBN sebagai dermaga Marunda.