• Di kantor pusat KBN. -INFOKBN.com-

Delegasi Pengusaha Arab Saudi Tertarik Bisnis Kawasan Berikat yang Dikelola KBN

Delegasi Pengusaha Arab Saudi Tertarik Bisnis Kawasan Berikat yang Dikelola KBN

Fri, 10/18/2019 - 04:22
Posted in:
0 comments

DELEGASI bisnis Arab Saudi mengunjungi KBN, Selasa (15/10/2019). Mereka tertarik dengan pola bisnis kawasan berikat yang dikelola PT KBN Persero,

Hal ini antara lain diungkapkan perwakilan pengusaha Arab Saudi saat diterima Direktur Pengembangan KBN, Rahayu Ahmad Junaedi didampingi Direktur Keuangan KBN, Daly Mulyana dan segenap pejabat terkait di lingkungan PT KBN.

Ketua delegasi pengusaha Arab Saudi, Maher Saleh mengungkapkan kunjungannya ke Indonesia untuk ekspansi dan mencari peluang bisnis baru di sini. Hal ini terkait dengan tawaran pemerintah Indonesia pada pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang pernah disampaikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Saat itu Presiden Joko Widodo di hadapan Raja Arab Saudi meminta agar Indonesia bisa ikut berperan dalam berbagai bisnis yang ditawarkan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Muhammad Budi Negoro dari Indonesia-Arab Saudi Business Council menyebut realisasi dari kunjungan Presiden Jokowi tersebut mulai terasa pada bulan ini di mana ada 160 pengusaha Arab Saudi mengunjungi Indonesia. Mereka sedang mencari tempat berinvestasi atau mengembangkan usahanya di sini.

Indonesia menjadi pilihan pertama, selain karena sama-sama mayoritas muslim, antara Indonesia dan Arab banyak memiliki kesamaan. Salah satunya yang begitu familiar bagi orang Arab, soal bahasa Indonesia yang juga telah lama digunakan Arab Saudi.

Selain berinvestasi di sektor manufaktur, para pengusaha Arab Saudi juga tertarik untuk menanamkan modalnya di sektor lain, di antaranya pariwisata. Ini sejalan dengan rencana pemerintah Arab Saudi yang juga akan menggarap sektor pariwisata dengan melibatkan pengusaha dari negara lain.

Pada kunjungannya ke KBN, para pengusaha Arab Saudi dengan seksama mengikuti paparan sekaligus penjelasan yang disampaikan Direktur Pengembangan KBN, Rahayu A Junaedi. Mereka juga menanyakan berbagai hal, khususnya tentang kawasan berikat.

Saat mengunjungi proyek pembangunan dermaga di Marunda C-04, mereka lagi-lagi menanyakan tentang kelebihan bisnis di kawasan berikat yang dikelola KBN tersebut.

Ketua delegasi, Maher Saleh, tampak tertarik dengan kawasan berikat karena dinilai menawarkan banyak kemudahan investasi. Dari penjelasan yang diberikan, jelas untuk menanamkan modal di kawasan ini, pengusaha tinggal bawa modal dan semuanya akan disiapkan KBN sebagai pengelola kawasan berikat.

Pola seperti ini dipandang cukup menarik, karena pengusaha tidak dipusingkan dengan urusan penyediaan lahan, bangunan pabrik, berbagai perizinan dan lainnya.

Dalam perbincangan akhir pelepasan, Maher Saleh berjanji untuk datang kembali untuk melakukan pertemuan lanjutan guna membahas lebih jauh peluang investasi di KBN tersebut.

Menurut Budi Negoro yang selalu mendampingi delegasi, sejak awal para pengusaha Arab ini memang tertarik untuk berinvestasi di kawasan berikat. Bahkan, usai diterima Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mereka langsung ingin datang ke KBN.

//MAY__SELENGKAPNYA DI MAJALAH KBN #021