• PMMB baru dan alumni. -INFOKBN.com-

Dukung Peningkatan Mutu SDM, KBN Terima 17 Mahasiswa Magang

Dukung Peningkatan Mutu SDM, KBN Terima 17 Mahasiswa Magang

Fri, 09/06/2019 - 04:27
Posted in:
0 comments

DALAM upaya turut mendukung program peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi, PT KBN kembali menerima 17 mahasiswa peserta program PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikat) baru. Mereka akan melakukan praktik magang di KBN selama 6 bulan ke depan.

Penyerahan peserta baru PMBB dilakukan di kantor pusat KBN Pusat, Kamis (5/9/2010) oleh perwakilan 9 kampus asal 17 mahasiswa PMMB baru tersebut menempuh studi, dan diterima oleh Direktur Keuangan PT KBN Persero, Daly Mulyana.

Dari 17 mahasiswa baru PMMB tersebut mayoritas berasal dari Jakarta dan sekitarnya, namun sebagian lagi berasal dari Jawa Timur dan Bali. Mereka berasal berbagai jurusan yang terkait dengan lini bisnis KBN. Masing-masing berasal dari London School of Public Relations (LSPR), Politeknik APP Jakarta, Politeknik Pos Indonesia, Bina Insani, STIAMI, Universitas Islam Negeri (UIN) – semuanya dari Jakarta, serta dari Universitas Islam Malang dan Politeknik Negeri Bali.

Pada saat bersamaan KBN juga melepas 12 mahasiswa PMMB tahap I yang sudah melakukan magang selama 6 bulan. Pelepasan alumni ditandai dengan penyerahan sertifikat magang oleh Dirkeu KBN Daly Mulyana kepada 12 mahasiswa tersebut.

“Kami mengharapkan semoga sertifikat ini berguna bagi masa depan mahasiswa PMMB ini. Minimal untuk tahap awal bisa jadi lampiran saat melamar pekerjaan,” harap Direktur Keuangan KBN, Daly Mulyana kepada para alumni dan pembimbing dari 6 kampus asal mahasiswa tersebut.

Perwakilan mahasiswa yang baru menyelesaikan magang menyatakan rasa terima kasihnya telah mendapat kesempatan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah di dunia kerja. Mereka mengaku telah mendapat pengalaman yang sangat berharga yang diharapkan bisa jadi bekal dalam memasuki dunia kerja.

Wakil Direktur III (Bidang Kemahasiswaan) Politeknik Pos Indonesia, Hilman Setiadi, SE, S.Pd, MT mewakili pihak kampus menyatakan rasa terima kasih yang tak terhingga para mahasiswa peserta PMMB telah mendapat kesempatan magang di KBN.

“Manfaat dari magang jelas sekali. Paling tidak sekarang kalau mahasiswa yang telah magang bikin tugas akhir presentasi, pengetahuannya sudah cukup luas, malah sudah seperti pegawai beneran,” kata Hilman Setiadi.

Soal kendala, Hilman Setiadi mengakuinya, khususnya bagi mahasiswa yang sedang tugas akhir. Hal ini karena magang harus dilakukan di tempat jauh dan harus aktif setiap hari mengakibatkan komunikasi dengan pembimbing tugas akhir tak bisa intens. Ini yang mungkin ke depan perlu diperbaiki bersama dengan bidang kurikulum di kampus tempat mahasiswa belajar.

Tentang keinginan agar KBN mengadakan perekrutan karyawan magang, Dirkeu Daly Mulyana mengharapkan agar mahasiswa mengikuti mekanisme yang sudah diatur Forum Human Capital (FHC) BUMN. FHC terdiri dari para pengambil keputusan tentang SDM dari semua BUMN.

Tiap tahun FHC selalu mencari generasi terbaik bangsa untuk direkrut sebagai pegawai BUMN. Tahun 2019 ini misalnya ada sekitar 900.000-an tenaga muda melamar secara online. Dari jumlah tersebut, setelah melalui beberapa rangkaian proses seleksi yang sangat ketat akhirnya terpilih sebanyak 3.500 pelamar. Mereka ini akan ditempatkan di sejumlah BUMN sesuai kebutuhan dari korporasi.

//MAY __ SELENGKAPNYA DI MAJALAH KBN #020