• Aktivitas Tainan Ent. di KBN Cakung, Jakarta. -INFOKBN.com-

Fashion Premium Kelas Dunia Made In PT Tainan Enterprises

Fashion Premium Kelas Dunia Made In PT Tainan Enterprises

Sun, 10/22/2017 - 08:01
Posted in:
0 comments

PT Tainan Enterprises di KBN Cakung merupakan industri fashion berkualitas tinggi yang didukung dengan SDM  dengan skill dan pengalaman bagus, sehingga produk yang dihasilkan mampu bersaing di pasar global.

TANGAN-tangan terampil Indonesia ternyata mampu menghasilkan produk bermutu yang dibanggakan di manca negara. Salah satunya produk fashi-on dari PT Tainan Enterprise yang dikenal dengan kualitas terbaiknya di antara sejumlah pabrik Tainan di manca negara, baik di pusat Tainan di Taiwan, Jiansu China, dan Kamboja.

Human Resources Development (HRD) dan General Affairs (GA) PT Tainan Enterprise, Antonius Joko menyebutkan, selama ini produk-produk keluargan PT Tainan di KBN ini dikenal akan kualitasnya yang pa-ling bagus dibanding negara lain.

“Ini karena SDM yang bekerja di Tainan Enterprise memang dikenal terampil dan rata-rata berpengalaman,” kata Joko.

Selain di Jakarta, PT Tainan sebenarnya punya pabrik lain di Solo. Namun, bicara soal kualitas, PT Tainan dari KBN ini dikenal lebih baik.

“Produk PT Tainan Enterprise di KBN ini satu level lebih tinggi. Jadi, mungkin sama-sama bikin produk merk GAP, tapi yang dari sini kelas premiumnya,” jelas Joko.

Konsekuensi dari kualitas yang lebih baik, harganya pun sangat berbeda dengan GAP produksi dari tempat lain.

Soal kualitas SDM yang lebih baik, Joko mengatakan, bahwa biasanya para supervisor di pabrik Tainan di Solo biasanya diambil dari Tainan KBN.

Tainan di KBN produknya terus bertahan di atas, karena tenaga kerja yang ada di Jakarta berlimpah dan ketrampilan dan pengalamannya jauh lebih baik ketimbang di daerah.

Itulah yang menyebabkan, manajemen Tainan di pusat tetap menginginkan Tainan di KBN dan di Solo sama-sama terus berkembang, sebab keduanya punya produk dengan kualitas yang berbeda.

“Jadi pengembangan Tainan di Solo bukan berarti sebagai persiapan pabrik di sini akan direlokasi ke sana semua, tapi yang di sini juga akan terus dikembangkan,” kata Joko.

Sejak masuk KBN sekitar 24 tahun lalu, Tainan terus mengembangkan diri sebagai pemain di industri garmen kelas atas. Bermula hanya dengan karyawan sekitar 1.000 pekerja untuk satu pabrik waktu itu, kini sudah berkembang menjadi lima ribuan karyawan.

Sebagai perusahaan yang sudah lama menjadi mitra KBN, Joko berharap agar kenyamanan dalam berusaha benar-benar dijaga. Sebagai contoh, Joko menyebut tentang aksi pendemo yang begitu mudahnya masuk ke pabrik-pabrik di dalam kawasan KBN, termasuk ke Tainan, padahal di kawasan KBN sudah jelas-jelas terpampang kawasan obyek vital di mana demo tidak diperbolehkan di dalam kawasan pabrik.

Satu hal lagi yang perlu jadi masukan bagi manajemen KBN, tentulah menyangkut kepedulian. Seperti ketika para investor seperti Tainan dilanda musibah banjir di mana banyak bahan baku impor yang rusak, KBN idealnya membantu Tainan memberikan keterangan tentang kerusakan bahan baku tersebut, sehingga mempermudah pertanggungjawabannya di depan Bea Cukai.

PT Tainan Enterprise Indonesia adalah PMA dari Taiwan yang berdiri sejak 1992 lalu, di Jalan Irian Blok E Nomor 28, Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Jakarta Utara. PT Tainan mengerjakan pakaian jadi pesanan GAP Inc.. Semua hasil produksinya dieskpor kembali ke Amerika dan Eropa.

Tainan Enterprises berpusat di Taipei Taiwan. Selain di KBN Cakung, di Indonesia Tainan punya pabrik lain di Sukoharjo, Solo Jawa Tengah dengan nama PT Andalan Mandiri Busana, di Jiangsu China dengan nama YiXing Garment, di Kamboja dengan nama Tainan dan New Premium Enterprises

GAP Inc. adalah pemilik merek pakaian jadi GAP, Old Navy, berkelas dunia. Kualitas pakaian jadi GAP dianggap terbaik dan menjadi menjadi incaran para konsumen tersohor dengan harga selangit.

Tainan Enterprise di KBN Cakung dengan tenaga kerja sebanyak 4.500 merupakan salah satu dari 16 perusahaan Taiwan yang ada di KBN. Selain Tainan, investor Taiwan lainnya, di antaranya PT Daijo Industrial, Dragon Forever, Hua Sin, Han Kuk, Katexindo, dan Olimpic Garment International.

[MAJALAHKBN#010]