• Menperin kunjungi Kaho di KBN Cakung. -INFOKBN.com-

Menteri Perindustrian Kunjungi Kaho di KBN Cakung

Menteri Perindustrian Kunjungi Kaho di KBN Cakung

Sat, 05/09/2020 - 03:13
0 comments

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasasmita melakukan kunjungan kerja ke PT Kaho Citra Indahgarment di KBN Cakung, Jumat (8/5/2020). Menperin datang untuk melakukan peninjauan penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang dilaksanakan di pabrik garment untuk ekspor tersebut.

Didampingi para pejabat Kemenperin terkait, Kadis Perindustrian DKI Jakarta, Direktur Pengembangan KBN, dan direksi PT Kaho, Menperin langsung melihat fasilitas yang disediakan Kaho untuk operasional perusahaan.

Dimulai dari sarana cuci tangan untuk para karyawan, masker, pengukuran suhu kepada setiap karyawan dan tamu, dilanjutkan dengan kunjungan ke dalam pabrik terkait pelaksanaan protokol Covid-19 sebagaimana tertuang dalam SK Kemenperin tentang pemberian Izin Operasional Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI).

Dalam surat keterangan tersebut, Kementerian Perindustrian memberikan izin kepada beberapa perusahaan tertentu untuk tetap berproduksi dalam situasi pandemi corona ini. Yang terpenting, setiap perusahaan yang mengantongi IOMKI harus memenuhi syarat yang diminta. Ada evaluasi setiap minggu yang dilakukan.

PT Kaho Citraindah Garment pernah dilakukan penutupan sementara oleh Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta karena dinilai tidak mentaati apa yang tertuang dalam IOMKI tersebut. Setelah manajemen Kaho berkomitmen akan memenuhi syarat yang diminta, hanya dalam hitungan hari PT Kaho kembali diberi izin operasional.

“Aturan ini akan terus kita jalankan sampai ada relaksasi dalam protokol Covid-19 dan PSBB,” kata Menperin kepada pers, Jumat (8/5).

Pandemi Covid-19 diakui Menperin telah memukul berbagai sektor perekonomian di berbagai negara termasuk Indonesia. Karenanya, Menperin berupaya terus mencari jalan keluar terbaik agar industri terdampak tidak sampai ada PHK.

Dalam kunjungan tersebut, Menperin secara langsung melihat pelaksanaan IOMKI dengan baik. Disebutkan, bahwa kapasitas produksi di Kaho yang hanya 50% dari kapasitas normal dengan memberlakukan jam kerja berdasarkan line ganjil-genap sudah memenuhi syarat. Begitu pun pembuatan sekat antar karyawan telah mencegah adanya penularan Covid-19. Terlebih, mereka yang berisiko tertular virus Corona ini untuk sementara tidak diperbolehkan masuk kerja dulu.

Menperin yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja DKI Jakarta, Andriansyah meminta agar dinas terkait di daerah terus mengawasi pelaksanaan dari IOMKI ini. Bagi industri yang melanggar, Menperin mengancam akan mencabut izin operasional sampai manajemen industri tersebut memenuhi syarat yang tertuang dalam IOMKI.

Manajer HRD PT Kaho Citraindah Garment, Tonny Bosman mengaku akan patuh dan selalu mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah. Ia berharap beda tafsir atau persepsi yang lalu yang menyebabkan PT Kaho ditutup sementara tidak terjadi lagi.

PT Kaho yang antara lain memproduksi fashion dunia merk Under Armour ini saat ini mempekerjakan 3.600 karyawan. Selama Covid-19 ini, PMA Korea Selatan ini membatasi produksi dengan hanya setengah dari kapasitas terpasangnya.

//MY_MAJALAHKBN