• KBN gandeng Telkom realisasikan ERP. -INFOKBN.com-
  • KBN gandeng Telkom realisasikan ERP. -INFOKBN.com-

KBN Siap Ekspansi dan Masuk ke Era Digital 4.0 Lewat Penerapan Sistem ERP

KBN Siap Ekspansi dan Masuk ke Era Digital 4.0 Lewat Penerapan Sistem ERP

Mon, 07/01/2019 - 04:59
Posted in:
0 comments

BERTEPATAN HUT-nya yang ke-33, jajaran KBN mencanangkan rencana ekspansi dan masuk ke era digital lewat penerapan sistem ERP (Enterprise Resource Planning).

Terkait ekspansi usaha, Dirut KBN HM Sattar Taba dalam pidato upacara ulang tahun di halaman kantor KBN, Jumat (28/6) menyebut kini tengah menyiapkan pengembangan tersebut ke Takalar (Sulsel) dan Patimban, Subang (Jabar).

“Untuk perluasan perusahaan di Talakar, Sulawesi Selatan kami sedang melakukan kerjasama dengan perusahaan dari Tiongkok,” jelas Dirut KBN kepada wartawan.

Saat ini, lanjut HM Sattar Taba, pihaknya sedang menyelesaikan dokumen pertanahan untuk lahan yang dibutuhkan seluas 4.500 ha. KBN juga sedang memproses pengurusan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) atas nama Pemda Sulawesi Selatan  dan Kabupaten Takalar dengan Hak Guna Bangunan (HGB) atas nama PT KBN (Persero). Selain itu saat ini juga sedang dijajaki kerjasama pembukaan kilang minyak melalui Sinergi BUMN.

Sementara itu pada kesempatan terpisah, Direktur Pengembangan KBN, Rahayu Ahmad Junaedi berkomitmen meningkatkan sistem industri ke era digital 4.0 dengan menerapkan sistim Enterprise Resource Planning (ERP). Komitmen itu ditandai dengan penandatanganan bersama antara KBN dan pejabat Telkom Indonesia, Jumat (28/6).

“Seperti tema yang sengaja kami angkat pada HUT Ke-33 ini “Menuju Smart Industrial 4.0” ini merupakan salah satu upaya kami dalam menghadapi industry digital 4.0 yakni dengan meluncurkan sistem database ERP,” kata Rahayu A Junaedi.

Dengan sistem ini diharapkan akan memperbaiki sistem internal dan transparansi dari laporan keuangan maupun sistem kontrak kerjasama di KBN. “Paling tidak semua data nantinya akan tersimpan dengan baik dalam sistem," ujar Dirbang.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pengembangan KBN juga telah mengukuhkan sejumlah personel yang akan terlibat dalam program ERP ini. (May)