Kesehatan

Ilmuwan Gunakan Partikel Nano untuk Serang Kanker

Para ilmuwan Universitas Negeri Oregon mengatakan ini memudahkan para ahli bedah untuk menemukan dan mengangkat tumor. Wartawan VOA Iryna Matviichuk mengunjungi Portland dan mempelajari bahwa prosedur baru akan segera diuji coba pada pasien manusia.

Partikel nano khusus itu ibarat kapal kecil yang mengangkut muatan pewarna ke sel-sel kanker di dalam tubuh pasien. Pewarna itu membunuh sejumlah sel kanker, dan memudahkan dokter bedah untuk melihat dan mengangkatnya.

Kanker Banyak Jangkiti Anak Muda, Ini Dia Penyebabnya?

Tingkat kasus enam kanker yang berhubungan dengan obesitas meningkat di antara orang dewasa berusia 25-49 antara tahun 1995 dan 2014, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Public Health dan berdasarkan informasi dalam database Cancer in North America.

Kanker-kanker tersebut adalah: multiple myeloma, colorectal, endometrial, kantong empedu, ginjal dan pankreas.

Meskipun kanker paling sering menyerang orang dewasa yang lebih tua, peningkatan paling tajam ditemukan pada kelompok usia yang lebih muda.

Mana Diet yang Benar? Rendah Karbohidrat atau Rendah Lemak?

Dua hasil studi utama tahun lalu membuat perdebatan lebih sengit di antara topik yang memiliki pendukungnya masing-masing – peran yang dimainkan karbohidrat ang membuat kita gemuk. Hasil studi memberi beberapa petunjuk kepada para ilmuwan, namun, seperti juga studi tentang nutrisi lainnya, mereka tidak dapat mengatakan model diet – bila memang ada – yang terbaik bagi semua orang.

Empat Cara Sederhana untuk Hidup Sehat

Tapi, sebenarnya ada hal-hal sederhana yang bisa dilakukan. Seperti dilansir BBC, berikut empat cara sederhana untuk hidup lebih sehat.

1. Parkir Lebih Jauh

Menjadi member gym atau mengikuti kelas pilates mungkin agak berat. Ada yang berhasil, tapi sebagian besar hanya bertahan satu atau dua bulan. Pakar fisiologi olahraga di Universitas Aberystwyth, Wales, Dr Rhys Thatcher, merekomendasikan agar memasukkan olahraga dalam aktivitas sehar-hari, misalnya parkir lebih jauh dan menghindari lift.

2. 30 Jenis Makanan per Minggu

Daun Sirsak Menghambat Perkembangan Kanker Usus Besar

Dalam penelitian dr Lili Indrawati, daun sirsak terbukti dapat menghambat perkembangan sel kanker pada pasien kanker kolorektal atau usus besar.

Penelitian ini dilakukan terhadap 30 pasien kanker usus besar yang dibagi menjadi dua kelompok. Sebanyak 15 pasien rutin diberi ekstrak daun sirsak sebanyak 7 gelas per hari dan sisanya hanya diberi placebo. Masing-masing pasien diberi dosis yang sama.

“Mereka yang diberi ekstrak daun sirsak dapat menghambat sel kanker mencapai 17 persen,” ujar Lili seusai sidang disertasi di FKUI, Salemba, Jakarta, akhir Juni lalu.

Rokok Elektronik Lebih Berbahaya dari Perkiraan

Riset yang dilakukan di​ Laboratorium Nasional Lawrence Berkeley di California menyebutkan menghisap rokok elektronik dapat membuat paru-paru perokok terpapar sejumlah senyawa yang mengganggu pernafasan dan karsinogen, seperti akrolein dan formaldehida.

Para peneliti juga menemukan bahwa tingkat bahan kimia beracun yang dikeluarkan rokok elektronik meningkat seiring penggunaan alat dan bersamaan dengan suhu internal.

Variasi tingkat racun juga terkait dengan jenis-jenis rokok elektronik, voltase baterai dan apakah alat memiliki satu atau dua kumparan pemanas.

Menikah & Sering Makan Telur Bisa Hindari Ancaman Jantung & Stroke

Meski pernikahan belum tentu seindah apa yang ditampilkan dalam dongeng, menurut peneliti hidup bersama pasangan hingga usia senja bisa membuat Anda terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

Dilansir AFP, survey yang berlangsung selama dua dekade terhadap lebih dari dua juta orang berusia 42 hingga 77 tahun menemukan bahwa menikah secara signifikan mengurangi risiko dari dua penyakit itu, seperti dilaporkan dalam jurnal medis Heart.

Anak Jangan Diberi Banyak Minum Jus di Pagi Hari, Ini Penyebabnya!

Mengapa bisa begitu? Sebuah studi di Wina menemukan bahwa anak-anak memiliki risiko obesitas lebih tinggi saat minum segelas jus di pagi hari.

Mereka yang minum segelas di pagi hari berisiko satu setengah kali lebih mungkin kelebihan berat badan daripada mereka yang tidak.

Melewatkan sarapan juga dikaitkan dengan penambahan berat badan. Menurut para peneliti, hal ini disebabkan karena anak-anak lebih mungkin untuk ngemil di siang hari.

Meskipun jus buah sering dipasarkan sebagai pilihan yang sehat, namun ternyata kandungannya tinggi akan gula dan kalori.