Logistics & Warehouse

PLB KBN Cakung, Pilihan Baru yang Strategis & Spesifik

“Ini pertanda PLB akan semakin cerah di masa depan,” ujar Kakanwil Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Dalam sarasehan antara DJBC dan para pelaku PLB itu, Kakanwil melihat ada peningkatan volume arus barang yang cukup signifikan menggerakan roda bisnis PLB. Denyutnya begitu terasa dengan semakin sibuknya para pegawai DJBC yang mengurusi PLB.

Asdeki Minta Pebisnis Depo Kompak Hadapi Tantangan Berat ke Depan

"Kami minta supaya para pengusaha depo peti kemas lokal kompak. Ada standarisasi layanan maupun tarif, maksudnya tidak dumping, dan mesti sama-sama melawan masuknya asing,” kata Ketua Umum Asosiasi Depo Petikemas Indonesia (Asdeki), H. Muslan kepada wartawan di kantornya, baru-baru ini.

Selain itu, tantangan era 4.0, bisnis di sektor ini juga bakal dihadapkan dengan peraturan Menhub no. 53/2018 tentang Kelaikan Peti Kemas dan Berat Kotor Peti Kemas Terverifikasi yang konon akan mulai diimplementasikan di tahun 2019.

Untuk Ketiga Kalinya Muslan Kembali Pimpin ASDEKI

Munas menyerahkan kepada Muslan untuk menyusun kepengurusan baru selambat-lambatnya 60 hari ke depan. Ia berharap kepengurusan baru cukup kuat untuk menghadapi tantangan pengusaha depo kontainer lima tahun ke depan.

 “Ke depan, kita bukan saja harus menghadapi dan bersaing dengan teman-teman sendiri, tapi juga dengan negara-negara maju, dengan asosiasi-asosiasi lain untuk mendorong dan menjalankan peraturan-peraturan pemerintah,” kata Direktur PT GNS tersebut usai pemilihan seperti dilansir Oceanweek.co.id, Sabtu (10/11).

Maksimalkan Pendapatan, KBN Kelola Depo Logistik Marunda

Direktur Pengembangan KBN, Rahayu Ahmad Junaedi didampingi Direktur Keuangan Daly Mulyana saat peresmian kantor operasional tersebut, awal Juli lalu, mengharapkan langkah ini akan menaikkan pendapatan SBU logistik.

General Manager (GM) SBU Pelayanan Logistik, Rohbinurwati mengatakan, kantor logistik tersebut belum bisa beroperasi karena masih menunggu kedatangan dua alat berat reach stacker yang tengah didatangkan dari Sany, China.

Alat berat tersebut rencananya akan dioperasikan oleh PT Sanny Indonesia, perusahaan yang jadi mitra KBN.

Konstruksi Depo Kontainer Isi Blok F Pakai Preloading? Ini Alasannya

Untuk mematangkan tanah tersebut sebenarnya bisa menggunakan beberapa metode. Salah satu yang dipilih KBN sebagai yang paling cocok yakni sistem preloading tanah.

Preloading tanah adalah proses persiapan lahan yang akan dibangun dengan penimbunan tanah secara bertahap yang berfungsi sebagai penambah beban agar tanah menjadi padat.

Sebelum dilakukan preloading tanah perlu dipasang PVD (prefebricated vertical drain). PVD merupakan material geosintetik berbentuk seperti sedotan pipih yang berfungsi untuk mengeluarkan air dari dalam tanah.

Depo Kontainer Isi Blok F Cakung, Harapan Baru Investasi Besar KBN

PELAKSANAAN proyek konstruksi depo kontainer isi di Blok F KBN SBU Cakung terus berlangsung. Banyaknya curah hujan selama pelaksanaan proyek berkontribusi terhadap capaian pekerjaan. Namun, SBU Pelayanan Logistik yang akan mengoperasikan depo ini berharap September mendatang pekerjaan sudah selesai dan depo bisa digunakan.

PT Virama Karya Persero yang ditunjuk sebagai manajemen konstruksi proyek bernilai Rp125 miliar ini menyebutkan proyek sedikit tersendat karena faktor alam. Namun, sampai akhir April ini pekerjaan diperkirakan sudah mencapai 35%.

Makin Efisien, KBN Logistik Optimis Pendapatan 2018 Meningkat

General Manager SBU Pelayanan Logistik, Rohbinurwati mengatakan, langkah ini harus segera dijalankan agar meningkatnya permintaan akan pelayanan jasa logistik KBN akhir-akhir ini bisa dipenuhi jajaran KBN Logistics.

Sambil terus berbenah, SBU Logistik yang core bisnisnya di bidang jasa, baik jasa pergudangan (warehouse) maupun angkutan (forwarding) berkomitmen untuk terus memperbaiki pelayanan kepada customer. Untuk pelayanan trucking, misalnya, KBN yang kini mengoperasikan 30 unit truck akan terus menambah armada sewa sesuai kebutuhan.

Laba KSO KBN-DMM Tahun 2016 Naik 32%

Demikian antara lain laporan keuangan yang disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Marunda Industrial Park di Hotel Santika, Kelapa Gading, Jakarta, (28/2).

RUPS menghadirkan dewan penga-rah dan pengurus KSO Marunda Industrial Park. Selain RUPS, pada kesempatan tersebut juga diadakan RUPS untuk rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2017.

Dalam laporan keuangannya, Marunda Industrial Park pada tahun 2016 mencatat penjualan bersih mencapai Rp9,6 miliar lebih. Hal ini terjadi peningkatan pendapatan 38% dari tahun sebelumnya.

PT GNS Merambah Bisnis PLB & Depo Kontainer Isi

PERTUMBUHAN usaha yang terus naik dari tahun ke tahun membuat PT Gema Nawagraha Sejati (GNS) berencana ekspansi ke bisnis depo kontainer isi dan pusat logistik berikat (PLB). GNS siap bekerja sama dengan PT KBN Persero mengembangkan kedua usaha tersebut.

Demikian antara lain diungkapkan Managing Director PT GNS, Muslan ketika bicara di hadapan ratusan karyawan, pemegang saham, dan undangan di acara puncak HUT Ke-24 GNS di KBN Cakung, Minggu (4/12).

Pemerintah Ingin Dwelling Time dan Biaya Logistik Turun Bersamaan

"Kita tak ingin lagi hanya dwelling time yang turun tapi costnya masih tinggi. Kita mau juga dwelling time dan cost turun bersamaan," kata Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, baru-baru ini.

Menurut dia, pemerintah sedang mengatur supaya ongkos bongkar muat lebih rendah. Dengan begitu, pelabuhan Indonesia bisa kompetitif. "Supaya juga harga-harga produksi kita jadi tambah baik," jelas dia.