Port & Shipping

KBN Gandeng PTP Bangun Terminal Multipurpose di Marunda C-04

Kerjasama KBN dengan anak usaha PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC itu untuk mewujudkan pembangunan sekaligus pengoperasian terminal multipurpose yang sudah lama tertunda. Saat ini proyek awal pembangunan dermaga tersebut sedang berlangsung.

Sebenarnya MoU antara KBN dan Pelindo II sudah diteken 2015 lalu, namun karena berbagai kendala, realisasi dari kerjasama tersebut belum sempat direalisasikan. Kini dengan PTP diharapkan segera ditindaklanjuti.

Mulai 1 Januari 2019, Pengajuan Dokumen Ekspor-Impor Seluruhnya Lewat Internet

"Jadi tidak lagi paralel seperti sekarang ada PDE internet dan PDE elektronik data interchange (EDI)," ujar Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi di Jakarta, Senin (17/12/2018).

PDE internet bukan hal baru sebab sudah dijalankan sejak 2016 silam bersamaan dengan PDE EDI. Sehingga sebelum 1 Januari 2019, ada dua opsi memasukan data ekspor-impor ke Bea Cukai. Namun mulai 1 Januari 2019, Bea Cukai hanya menerima submit data ekspor-impor melalui PDE internet.

Dengan kebijakan itu maka importir dan eksportir bisa submit data di mana pun dan kapan pun selama ada akses internet.

Potensi Kerugian Negara dari Konsesi KCN-KSOP V Marunda Ditaksir Rp 55,8 Triliun

KBN sebagai pemegang saham KCN  belum memberikan persetujuan atas rencana KCN tersebut. Lebih dari itu, Kementerian BUMN dan Pemprov DKI sebagai pemegang saham KBN juga belum memberikan persetujuan.

Implikasi perjanjian konsensi itu bila dibatalkan ialah timbulnya kerugian negara dan lepasnya lahan pier 1, 2, dan 3 kepada swasta.

JICT Kenalkan Sistem Layanan Daring di Pelabuhan

Sistem itu dikenal sebagai Inaportnet dan aplikasi My JICT. Dalam presentasi ditunjukkan bahwa aplikasi My JICT dengan Inaportnet sudah terintegrasi dengan baik, dari awal mula importir hendak memasukkan barang ke dalam pelabuhan, proses pembayaran secara daring, hingga tracking untuk memastikan kontainer sudah berada di posisi yang disediakan dan dikirim oleh kapal pengangkut.

Direktur JICT Gunta Prabawa menyebutkan pihaknya memastikan agar pelayanan JICT ke depannya bisa seluruhnya dilakukan secara daring agar semakin mempercepat pelayanan kepada pengguna jasa.

Pelabuhan Patimban Diprediksi Tingkatkan Ekspor Otomotif

"Kami memberikan apresiasi terhadap kerja sama antara Indonesia dan Jepang dalam pembanguan Pelabuhan Patimban ini. Industri akan berkembang kalau segera diselesaikan. Apalagi akan dibangun pelabuhan khusus industri otomotif," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Kementerian Perindustrian mendorong percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat.

Dorong Kemajuan Sektor Logistik Nasional, Pemerintah Gulirkan Pakem XV

Seperti disampaikan pemerintah jauh-jauh hari, paket kebijakan ekonomi XV fokus kepada efisiensi logistik. Maklum, mahalnya harga barang di Indonesia lantaran 40 persennya disumbang oleh biaya logistik.

Salah satu poin penting paket kebijakan ini adalah memberikan peluang pasar yang lebih besar kepada perusahaan logistik nasional. Tujuannya agar sektor logistik nasional tidak lagi dikuasai oleh perusahaan asing.

Ambisi KBN Tembus Income Rp1 Triliun

KESERIUSAN Kementerian Negara BUMN untuk menggabungkan (holding) BUMN antara PT KBN Persero dengan PT Pelindo II (Persero) setidaknya ditunjukkan dengan berbagai aksi belakangan ini. Salah satunya dengan kunjung-an lapangan yang dilakukan tim dari Kementerian BUMN ke Marunda.

Asisten Deputi Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan (Asdep) III Kementerian BUMN, Heri Purnomo bersama konsultan dan staf diturunkan langsung untuk meninjau lahan di Marunda, Jakarta Utara yang akan dikembangkan oleh PT KBN sebagai dermaga Marunda.

Kemenhub Desak "Dwelling-Time" Pelabuhan Utama 3,5 Hari

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini mengatakan tiga pelabuhan utama tersebut, di antaranya Pelabuhan Belawan (Medan), Makassar dan Tanjung Perak (Surabaya). Sementara untuk Pelabuhan Tanjung Priok ditargetkan 2,5 hari.

"Mandat setelah mengadakan rapat dengan Pak Menko Maritim, semua kompak mengambil keputusan bahwa dwelling time di Jakarta, kurang dari tiga hari atau 2,5 hari dan di pelabuhan utama lain untuk tahap pertama 3,5 hari," katanya.

RI Jajaki Kerja Sama Maritim dengan Jade-Waser-Port

Hal itu mengemuka saat kunjungan kerja Konsul Jenderal RI di Hamburg, Sylvia Arifin, ke dua kota di Jerman itu, demikian keterangan Penerangan, Sosial dan Budaya (Pensosbud) di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hamburg, Singgih Yuwono, kepada ANTARA News, Sabtu.

Sylvia Arifin saat di Hameln mengadakan pertemuan dengan Managing Director Electronic Wood Systems GmbH Hauke Kleinschmidt yang perusahaannya memproduksi sarana pendukung industri perkayuan berupa sistem pengukuran.

Perusahaan tersebut berhasil memasarkan produknya di 80 negara, termasuk Indonesia.

Dua Tahun Jokowi-JK, Ekonomi Perikanan Indonesia Meningkat

Sejak dilantik sebagai Presiden ke-7 Republik Indonesia, terdapat sejumlah gebrakan yang dilakukan pemerintahan Presiden Jokowi. Selain mereformasi perekonomian nasional melalui pencabutan subsidi bahan bakar minyak (BBM), pemerintah juga melakukan langkah-langkah inovatif di sektor kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku telah reformasi secara besar-besaran tata kelola kelautan dan perikanan, dari yang semula bersifat eksploitatif kini menjadi lebih inovatif.