Regulasi

Ahli: Tujuan BUMN Bukan Semata-mata untuk Cari Keuntungan

"BUMN perlu menghindari kecenderungan mendahulukan atau memfokuskan perhatiannya kepada pengejaran keuntungan, walaupun keuntungan penting bagi semua kegiatan bisnis termasuk BUMN," ujar dia, di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan itu ketika memberikan keterangan selaku ahli yang dihadirkan oleh pihak pemohon dari uji materi UU BUMN di Mahkamah Konstitusi.

Pentingnya Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 di Perusahaan

Standar internasional ini membantu organisasi meningkatkan kinerja lingkungan mereka, melalui lebih banyak penggunaan sumber daya yang efisien dan pengurangan limbah, mendapatkan keunggulan kompetitif dan kepercayaan para pemangku kepentingan.

Standar tersebut mewakili pendekatan internasional yang terkoordinasi untuk mengurangi degradasi lingkungan global yang dapat dia-plikasikan untuk setiap organisasi, dengan berbagai ukuran dan di mana pun organisasi tersebut berada di dunia ini.

Investor di KBN Wajib Memiliki Dokumen Lingkungan

PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) telah memperoleh sertifikat Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015. Sebagai bentuk implementasi SML ISO 14001:2015, PT KBN (Persero)  menyusun kebijakan dan strategi lingkungan. Salah satu point dari strategi lingkungan yaitu mewajibkan tenant atau investor untuk memiliki dokumen lingkungan dan izin lingkungan.

Dokumen lingkungan yaitu dokumen upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKL-UPL). Dokumen dan izin lingkungan yang wajib dimiliki para investor tersebut harus dilaporkan setiap enam bulan.