• Container handling, salah satu unit bisnis KPL. -INFOKBN.com-

PT KBN Prima Logistik Bertekad Memberikan Layanan yang Terintegrasi & Berkualitas

PT KBN Prima Logistik Bertekad Memberikan Layanan yang Terintegrasi & Berkualitas

Tue, 06/09/2020 - 16:42
0 comments

PT KBN Prima Logistik (KPL), anak usaha BUMN, PT KBN Persero yang bergerak di bidang logistik bertekad menjadi perusahaan yang kuat dengan memberikan pelayanan jasa logistik yang terintegrasi dan berkualitas.

Beroperasi di kawasan bisnis pergudangan dan forwarding, KPL mengi-baratkan dirinya yang tak mau mati di ‘lumbung’ di mana bisnis logistik banyak tumbuh dan berkembang.

“Jangan sampai logistik yang ada di luar KBN yang justru menikmati untung di kawasan ini. Ibaratnya, kita bertekad tidak mau ‘mati’ di lumbung sendiri,” tegas Toha Muzaqi, Direktur PT KBN Prima Logistik.

Lebih lanjut Toha Muzaqi menegaskan dengan badan hukum yang mandiri, PT KPL akan bergerak lebih lincah dan fleksibel. Dari segi layanan, KPL tentu akan lebih luwes, lebih gesit, dan berdaya saing.

Agenda bisnis logistik yang dulu di perusahaan induk belum terealisasi, seperti transformasi bisnis dari menyewakan menjadi mengelola, lanjut Toha Muzaqi, akan segera dijalankan oleh perusahaan baru ini.

Sejak beroperasi 1 Januari 2020 lalu, KPL langsung tancap gas berbenah diri. Dua bulan pertama perusahaan dengan 60-an staf ini lebih dulu membenahi manajemen internal dulu. Sejak pemisahan dari induk PT KBN Persero, banyak kontrak-kontrak de-ngan investor yang harus diperbarui.

Selain melayani gudang dan depo, KPL menangani forwarding dan juga jasa-jasa logistik lain yang terkait. Mulai dari trucking, pengurusan dokumen, bahkan sampai urusan pengirim-an intersuller.

Di tengah persaingan yang begitu ketat perusahaan logistik sejenis, KPL siap tampil di depan berkompetisi secara sehat, mengemban amanah dari pemegang saham untuk meraih keuntungan yang maksimal.

Toha Muzaqi.“Kita ingin membuktikan kalau KPL sudah jauh berubah. Pelayanan lebih bagus, lebih cepat, dan tentunya dari segi tarif makin kompetitif,” kata Toha Muzaqi.

Kalau dulu sewaktu masih SBU ha-nya mengincar pelanggan dengan nilai besar, sekarang perusahaan yang kecil pun dilayani. “Sepanjang masih ada margin keuntungan, pasti kita ambil,” kata mantan Sekretaris Perusahaan PT KBN Persero ini.

Paradigma lama yang lebih banyak menunggu order juga akan dibalik dengan siap menjemput pelanggan. Setiap pegawai PT KPL, tanpa terkecuali, semua harus mau jadi bagian dari tim marketing.

“Semua jajaran KBN Prima Logistik harus Think Big (Berpikir besar), Start Small (Mulai dari yang kecil), dan Move Faster (Bergerak cepat),” jargon bisnis KPL.

Mengutip dari angka pendapatan PT KBN Persero 2019, logistik merupakan penyumbang kedua terbesar setelah penyewaan lahan industri dengan ang-ka prosentase mencapai 12%. Dengan penyerahan bisnis logistik ke anak usaha diharapkan akan meningkatkan kontribusi bagi pemegang saham korporasi.

<>MAY/MAJALAH KBN #022