• Penandatanganan Pakta Integritas pejabat di KBN. -INFOKBN.com-
  • Penandatanganan Pakta Integritas pejabat di KBN. -INFOKBN.com-

Teken Pakta Integritas, Jajaran KBN Diminta Jauhi dari Tindak Korupsi

Teken Pakta Integritas, Jajaran KBN Diminta Jauhi dari Tindak Korupsi

Thu, 04/04/2019 - 07:02
Posted in:
0 comments

SEBANYAK 150 pejabat di lingkungan PT KBN Persero secara serentak menandatangani pakta integritas pemberantasan korupsi di kantor pusat KBN, Kamis (4/4). Penandatanganan pakta “No Korupsi” ini disaksikan langsung Direktur Keuangan dan Direktur Pengembangan.

KBN merespon kasus OTT (operasi tangkap tangan) KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) yang akhir-akhir ini melibatkan 2 BUMN sebagai momentum untuk pemberantasan korupsi.

Direktur Keuangan KBN, Daly Mulyana menyebutkan, langkah ini sebenarnya bukan yang pertama. Sebelumnya, pada pengangkatan pejabat baru beberapa tahun lalu sudah dilakukan. Selain pelantikan, pada saat yang sama ditandatangani pakta integritas anti korupsi. Namun, kali ini semua pejabat lama dan baru secara bersama-sama kembali menandatangani pakta integritas.

Pimpinan KBN dalam rapatnya beberapa waktu lalu menurut Dirkeu memandang perlu dilakukan upaya preventif bagi segenap jajaran KBN untuk tidak melakukan tindakan-tindakan yang mengarah pada korupsi.

“Diawali dari beberapa kasus OTT (operasi tangkap tangan, red.) KPK yang terakhir menimpa dua BUMN, KBN berharap kejadian serupa tidak terjadi di KBN,” kata Dirkeu KBN, Daly Mulyana.

Menjelang Pilpres, berbagai isu negatif bisa membawa dampak yang kurang baik bagi citra BUMN. Jangan sampai BUMN dianggap sebagai perusahaan yang tidak ‘bersih’.

Dengan penandatanganan pakta integritas, bila di kemudian hari sampai kejadian yang tak diinginkan terjadi, ada bukti hitam di atas putih yang bersangkutan telah melanggar komitmen yang telah ditandatangani.

Dirkeu berharap, jangan sampai korupsi terjadi di KBN. Karena bukan saja akan membawa aib bagi institusi, tapi juga memalukan pribadi, keluarga, dan lingkungan.

Sementara itu Direktur Pengembangan, Rahayu Ahmad Junaedi meminta para pejabat yang telah menandatangani pakta integritas untuk secepatnya mensosialisasikan pada para pelaksana yang dipimpinnya.

“Tolong yakinkan anak buah untuk menjauhi penyakit korupsi. Jangan anggap enteng penyakit korporasi ini. Kita yakin KBN bisa bangkit, berkembang, kalau semua punya komitmen yang sama untuk menghindari korupsi,” kata Dirbang.

Kasus korupsi lewat OTT di BUMN akhir-akhir ini, lanjut Dirbang, tak lepas dari lemahnya pengawasan terhadap anak buah. Para pelaksana di lapangan paling rentan tergoda oleh korupsi. Ini yang perlu jadi perhatian para pemangku jabatan untuk mengawasi pelaksana di lapangan sebaik mungkin.

//MY